Jenis-jenis Laporan Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Jenis-jenis Laporan Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan perusahaan dagang juga sama pentingnya dengan laporan keuangan lainnya. Seperti yang Anda tahu, dalam kegiatan bisnisnya, perusahaan dagang akan memperjualbelikan produk yang dimilikinya. Hal tersebut dilakukannya melalui proses pembelian dan penjualan kembali.

Melalui kegiatan yang dilakukannya tersebut, perusahaan dagang tentunya bisa mendapatkan keuntungan. Jika dilihat dari jenis laporan yang dimilikinya, laporan keuangan pada perusahaan dagang tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Hanya saja, elemen-elemen yang ada di dalamnya hadir dengan jenis yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa jenis laporan yang ada di dalam laporan keuangan dari perusahaan dagang, di antaranya :

  • Laporan keuangan rugi laba

Laporan ini menghadirkan cerminan dari aktivitas perusahaan. Didalamnya terdapat rincian informasi mengenai penghasilan, beban, laba atau bahkan rugi. Jenis laporan ini wajib dibuat perusahaan dalam akhir periode yang dimilikinya.

  • Laporan keuangan neraca 

Jenis laporan ini berisi aktiva, kemudian modal serta kewajiban yang dimiliki perusahaan dalam periode tertentu. Tujuan dari laporan ini adalah agar perusahaan dapat melihat dengan jelas dimana posisi keuangan yang dimilikinya saat ini. Selain itu, melalui laporan ini, perusahaan juga dapat melihat aktivitas yang dijalankan dengan lebih jelas.

  • Laporan keuangan arus kas 

Untuk laporan arus kas tentunya ia menghadirkan tampilan dari jumlah kas yang diterima olehnya. Seperti halnya investasi tunai, pendapatan tunai hingga jumlah kas yang harus dikeluarkan. Tidak hanya itu laporan arus kas yang terdapat dalam contoh laporan keuangan perusahaan dagang juga hadir dengan tiga kelompok aktivitas berbeda.

  1. Aktivitas operasional
  2. Aktivitas investasi
  3. Aktivitas pendanaan
  • Laporan piutang 

Untuk laporan ini, ia dikenal sebagai catatan dari transaksi penambahan dan juga pengurangan piutang. Dengan demikian, perusahaan pun dapat mengetahui berapa jumlah piutang yang dimiliki para pelanggannya.

LIHAT JUGA:  Menariknya Jualan di Tiktok Shop

Karena itulah dalam laporan keuangan perusahaan dagang jenis piutang, Anda dapat melihat banyak data di dalamnya. Seperti halnya data dari kode pelanggan, nama hingga saldo piutang yang dimiliki mereka.

  • Laporan utang 

Tidak jauh berbeda dengan laporan piutang, hanya saja transaksi penambahan serta pengurangannya dilakukan pada utang perusahaan. Namun bukan itu saja, laporan ini juga menampilkan saldo utang dari para supplier yang dimilikinya.

Karena itulah pada pdf laporan keuangan perusahaan dagang ini juga terlihat berbagai macam data di dalamnya. Termasuk diantaranya kode supplier, nama dan beragam informasi yang berkaitan dengannya.

  • Laporan persediaan atau stok barang 

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, laporan ini menyajikan tampilan dari persediaan atau stok barang. Hal tersebut bahkan ditunjukkan dengan daftar barang, harga penjualan, pembelian barang, stok awal, retur pembelian, penjualan, retur penjualan hingga stok akhir yang dimilikinya.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai laporan keuangan perusahaan dagang dan berbagai macam jenis laporan keuangan yang ada di dalamnya.