Metode Pada Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Metode Pada Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Apa sih yang dimaksud dengan laporan arus kas perusahaan jasa? Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki laporan arus kas, namun tentunya laporan tersebut menunjukkan hal yang berbeda pada setiap perusahaan.

Mengenal laporan arus kas perusahaan

Laporan arus kas dikenal sebagai jiwa bagi setiap perusahaan. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang dapat menunjukkan eksistensi perusahaan serta kewajibannya dalam melakukan pembayaran.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, laporan arus kas tentunya menunjukkan arus keluar serta masuknya kas perusahaan. Pada laporan ini ditunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi kas yang digunakan perusahaan. Dengan adanya laporan ini, pihak yang berkaitan dengan perusahaan pun dapat mengambil keputusan secara tepat.

Contoh laporan arus kas perusahaan jasa itu ditunjukkan dengan beberapa contoh kasus berbeda. Seperti halnya pada arus kas masuk lebih kecil daripada arus kas keluar maka akan menghasilkan defisit kas. Contoh tersebut tentunya tidak baik bagi perusahaan.

Akan tetapi jika arus kas lebih kecil daripada beban. Tentunya hal tersebut akan menghilangkan keyakinan kreditor pada perusahaan. Hal ini ditandai dengan anggapan yang menyatakan bahwa perusahaan mengalami financial distress atau permasalahan keuangan.

Metode dari laporan arus kas

Untuk metode pada laporan arus kas perusahaan jasa terbagi menjadi dua macam. Ada laporan secara langsung dan laporan tidak langsung. Untuk penjelasan lebih jauh simak uraian berikut :

  1. Metode langsung

Metode ini sangat berguna dalam memberikan informasi untuk estimasi arus kas dari masa depan. Hal tersebut tentunya tidak dapat dilakukan jika menggunakan metode tidak langsung. Tidak hanya itu metode langsung juga dapat menunjukkan penerimaan dan pengeluaran dari kas operasi.

Keunggulan dari metode langsung adalah kehadirannya dapat memberikan laporan dari sumber utama dalam penggunaan arus kas. Sementara kekurangan nya berasal dari data yang sulit didapatkan dan juga biayanya yang cukup tinggi.

  1. Metode tidak langsung

Pada cara membuat laporan arus kas perusahaan jasa ini laba dan juga rugi dilakukan dengan mengoreksi pengaruh serta penangguhan, transaksi bukan kas dan lainnya. Dengan kata lain metode ini dikenal sebagai rekonsiliasi dari laba bersih yang sudah didapatkan oleh perusahaan. Penggunaan metode tidak langsung juga menunjukkan hubungan di antara laporan arus kas, laporan rugi laba serta laporan neraca.

Keunggulan utama dari metode tidak langsung adalah fokus pada perbedaan laba bersih dan juga arus kas bersih. Selain itu metode tidak langsung juga menghadirkan hubungan yang bermanfaat bagi beberapa laporan. Seperti halnya laporan arus kas, laporan rugi laba dan juga laporan neraca.

Tujuan dari laporan arus kas

  • Untuk mengetahui entitas dari arus kas, utamanya untuk mengetahui kemampuan pada periode selanjutnya.
  • Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar dividen
  • Melakukan pemeriksaan dari setiap transaksi investasi

Demikianlah kiranya penjelasan mengenai laporan arus kas perusahaan jasa yang dapat penulis jelaskan kali ini.