Panduan Praktis Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Panduan Praktis Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus dikerjakan oleh pengelola sebuah lembaga bisnis. Jika Anda membuat sebuah lembaga bisnis di bidang jasa, maka laporan keuangan layaknya perusahaan jasa merupakan sebuah kebutuhan. Pengetahuan tentang cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa berikut ini bisa menjadi pengetahuan yang sangat berguna bagi Anda.

Kebingungan mengenai cara membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa akan terjawab melalui tutorial singkat berikut ini.

Membuat Laporan Keuangan Utama

Bagian pertama dari cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa adalah membuat laporan keuangan utama. Laporan keuangan ini sebenarnya memiliki beragam format, akan tetapi secara umum akan memuat beberapa laporan berupa :

  • Balance Sheet atau Laporan Neraca
  • Profit and Loss Statement atau Laporan Laba-Rugi
  • Equity Changes Statement atau Laporan Perubahan Modal
  • Cash Flow Statement atau Laporan Arus Kas

Laporan keuangan perusahaan jasa Anda bisa dibuat sesederhana mungkin dengan memuat keempat laporan tersebut.

Membuat Laporan Neraca

Bagian berikutnya dari cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa adalah membuat laporan neraca. Laporan ini dibuat setiap periode akuntansi tertentu, periode ini dapat dibuat setiap bulan, tiga bulanan dan tahunan. Laporan secara berkala tersebut bisa memudahkan memantau kondisi keuangan dan aktivitas bisnis yang terjadi dalam kaitannya dengan aspek keuangan.

Laporan neraca ini menyajikan informasi tentang terjadinya perubahan pada posisi atau kondisi keuangan perusahaan jasa Anda. Perubahan ini dapat berupa perubahan aset, adanya kewajiban dan modal. Dinamika ketiga variabel tersebut wajib tercatat pada laporan neraca.

Membuat Laporan Laba-Rugi

Laporan Laba-Rugi merupakan laporan yang memuat seluruh beban serta pendapatan perusahaan pada satu periode akuntansi. Laporan ini bisa digunakan untuk melihat kondisi perusahaan terkait keuangan yang rugi atau memiliki laba.

Laporan ini juga akan dipakai untuk membuat laporan keuangan perusahaan jasa mengenai besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan setiap tahunnya. Pelaku investasi umumnya akan melihat laporan laba-rugi sebagai salah satu pertimbangan sebelum menanamkan modal ke sebuah perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

Laporan ini berisi tentang perubahan apapun yang memiliki kaitan dengan modal serta apa yang menjadi penyebab perubahan modal pada sebuah periode transaksi atau  periode akuntansi. Terdapat beberapa unsur dalam laporan perubahan modal berupa modal awal, laba atau rugi bersih, penarikan dan setoran serta modal akhir. Laporan ini bisa menunjukkan adanya penambahan atau penyusutan modal serta apa yang menjadi penyebabnya.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas ini berisi tentang informasi mengenai arus kas masuk dan kas keluar yang terjadi di perusahaan jasa Anda pada sebuah periode akuntansi. Laporan ini akan berisi catatan kegiatan keuangan, operasional dan investasi yang terjadi.

Itulah cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa yang bisa Anda lakukan sebagai bagian dari mengelola sebuah lembaga bisnis. Laporan keuangan yang tertib dan baik bisa sangat memudahkan Anda membuat keputusan – keputusan terkait kondisi bisnis perusahaan.